Cara Mengisi Jadwal Kelas Mingguan Guru TK di Padamu Negeri dengan Pembelajaran Tematik

Sahabat PTK dan Operator/Admin Sekolah/Madrasah Pengguna Padamu Negeri di semester 2 (genap) tahun pelajaran 2014/2015 yang berbahagia…

Untuk mengisi jadwal mata pelajaran dalam jadwal kelas mingguan Padamu Negeri tahun 2015 khusus untuk jenjang TK yakni menggunakan Pembelajaran Tematik.

Oleh karena itu, berikut admin share bagaimana langkah-langkah awal dalam membuat rancangan pembelajaran model apapun terlebih dahulu harus mempelajari kompetensi dasar, hasil belajar, dan indikator pada setiap kelompok usia di TK.

Karena kompetensi inilah yang nanti akan menjadi acauan dalam pembelajaran, dengan pemilihan tema dan kegiatan yang sesuai. Selanjutnya, mengidentifikasi tema dan subtema yang sesuai untuk anak.

Tema memegang peranan yang sangat penting dalam kegiatan pembelajaran di TK, yaitu untuk:

a.   Memudahkan anak memusatkan perhatian pada satu tema atau topic tertentu
b. Memudahkan anak mempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagai bidang pengembangan dalam tema yang sama
c.   Meningkatkan pemahaman terhadap materi sehingga lebih mendalam dan berkesan
d.  Mengembangkan berbagai kompetensi bahasa dengan lebih baik, dengan mengaitkan aspek perkembangan lain dan pengalaman pribadi anak
e.   Anak lebih merasakan manfaat dan makna belajar karena materi disajikan dalam konteks tema yang jelas
f.    Meningkatkan gairah belajar anak karena mereka dapat berkomunikasi dalam situasi yang nyata, misalnya bertanya, bercerita, menulis deskripsi, menulis surat untuk mengembangkan kemampuan berbahasa sekaligus bidang pengembangan lain.
g.  Efisiensi waktu karena bidang pengembangan yang disajikan secara terpadu dapat dipersiapkan sekaligus dan diberikan dalam dua atau tiga kali pertemuan untuk kegiatan remedial, pemantapan atau pengayaan.

Agar tema dapat berperan dengan optimal, maka perlu memperhatikan rambu-rambu dalam pembelajaran tematis. Tema yang dipilih untuk pembelajaran dapat ditemukan dan dikembangkan dari hal-hal berikut:

a.  Tema yang bersifat dasar dan selalu dapat dikembangkan, misalnya aku, sekolahku, rumahku, keluargaku, dan negeriku.
b.  Tema yang dihubungkan dengan suatu peristiwa/kejadian, misalnya gejala alam, cuaca, banjir.
c.   Tema yang dihubungkan dengan minat anak, misalnya dinosourus. angkasa luar, binatang atau tanaman.
d.  Tema yang dihubungkan dengann hari-hari besar atau istimewa, misalnya hari kemerdekaan, hari ibu, hari anak.

Selain itu, pemilihan tema yang akan digunakan dalam pembelajaran di TK dapat dikembangkan dengan memperhatikan beberapa criteria, yaitu tema tersebut disesuaikan dengan :

a.   Minat anak
b.   Minat guru
c.   Kebutuhan anak
d.   Hari besar nasional atau hari istimewa
e.   Kurikulum sekolah

Selanjutnya Operator/Admin dari TK bersangkutan mengisikan seluruh materi pelajaran Tematik tersebut ke jadwal kelas mingguan di Padamu Negeri. 

Demikian informasi mengenai panduan/cara pengisian daftar mata pelajaran pada jadwal kelas mingguan di Padamu Negeri 2015 yang diisi menggunakan Pembelajaran Tematik yang sebagian isi artikel bersumber dari tulisan Bu Syahirah Athifah. Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam Edukasi...!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Cara Mengisi Jadwal Kelas Mingguan Guru TK di Padamu Negeri dengan Pembelajaran Tematik"

Post a Comment