Waktu / Kesempatan Yang Paling Tepat Untuk Menulis

Sahabat Edukasi yang berbahagia…

Menulis merupakan salah satu aktivitas yang bagi sebagian orang tidaklah mudah, dan bagi sebagian lainnya mudah. 

Hal ini disebabkan karena beberapa faktor, selain dari faktor kebiasaan, hal lain yang mempengaruhinya adalah kurangnya rasa percaya diri, takut tidak ada yang membaca, dan sebagainya.

Akan tetapi pada dasarnya aktivitas menulis idealnya memang dilakukan setelah seseorang tersebut memahami betul tentang apa yang ia tulis.

Pemahaman yang datang dari pengalaman pribadi penulis yang disajikan dalam bentuk tulisan seringkali akan membuahkan kualitas / hasil tulisan yang optimal, seperti halnya jika dicetak menjadi sebuah buku, bukunya pun laris manis, jika pun dipublikasikan secara online, pembacanya pun banyak, dan sebagainya. 

Namun ini juga bukan merupakan indikator mutlak, karena sesungguhnya tulisan yang baik itu memiliki efektivitas yang baik juga seperti dapat bermanfaat positif bagi penulis juga pembacanya.

Kembali ke tema Sobat… Tulisan ini saya publish untuk melengkapi postingan saya pada waktu sebelumnya tentang Cara Menulis yang Berkualitas, dalam kesempatan kali ini saya akan bagikan tips kapan sih waktu-waktu yang tepat untuk menulis itu? Bukan hanya menulis dalam bentuk buku, akan tetapi juga menulis melalui papan ketik komputer tentunya.

Berikut adalah waktu-waktu yang paling tepat untuk melakukan aktivitas menulis, agar kualitas tulisan lebih optimal, di antaranya adalah sebagai berikut :

1.   Di tengah malam, setelah anggota keluarga lainnya tidur.

Pada saat anggota keluarga Anda telah tertidur, maka Anda akan lebih fokus / konsentrasi dalam menulis sesuatu ide / pokok bahasan /tema.

2.   Saat sendiri.

Bandingkan jika Anda menulis bersama seorang teman, bukan menulis jadinya, tapi malah berdialog… J. Ada juga kok kalimat bijak mengatakan : “Sendiri itu sekolahnya jenius”.

3.   Ketika ada sesuatu hal yang penting untuk diketahui orang lain.

Jika Anda merasa memahami sesuatu yang cenderung unik dan menarik ataupun mengetahui suatu informasi penting yang perlu diketahui oleh khalayak umum. Jangan ragu menulislah semampu Anda. Intinya sesuatu itu bermanfaa positif, bisa berupa tutorial, penemuan ilmiah, tips-tips dan lain sebagainya.

4.   Sewaktu ada ide cemerlang yang terlintas.

Saat dalam pikiran Anda terlintas ide yang cemerlang, silahkan dikembangkan menjadi suatu ide yang terealisasi setidaknya dalam konsep tulisan terlebih dahulu. Setelah sistematika tulisan utama Anda terbentuk silahkan dikembangkan dengan bahasa yang lugas dan runtut.

5.   Di kala waktu senggang / hari libur.

Waktu senggang bisa saat istirahat dari pekerjaan, hari libur, cuti, dan sebagainya. Intinya dalam setiap waktu senggang itu pikiran kita lebih rileks dan santai, sehingga produktivitas dalam melahirkan karya akan lebih optimal.

Dengan memanfaatkan waktu yang tepat, terus menulis dan menulislah Sobat…! Kebiasaan menulis sama halnya dengan membaca di mana diperlukan fokus / konsentrasi khususnya dalam menyusun kata demi kata, kalimat demi kalimat, hingga dari paragraf demi paragraf agar karya tulis yang disajikan dapat dipahami secara komprehensif (menyeluruh) oleh sekalian pembacanya.

Dan yang perlu diperhatikan dalam menulis adalah tata bahasa, cara penulisan, kosa kata, penggunaan istilah yang tepat, dan sebagainya sesuai dengan aturan yang semestinya. Akan tetapi ini juga bisa didapat dengan sendirinya, terus menulis dan juga terus memperdalam kembali pelajaran bahasa Indonesia yang sudah kita pelajari semenjak duduk di bangku SD. Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam Edukasi…!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Waktu / Kesempatan Yang Paling Tepat Untuk Menulis"

Post a Comment