Terimakasih Kepada Seluruh Bapak dan Ibu Guru Yang Telah Berkenan Membantu Operator Sekolahnya Dalam Optimalisasi Data Dapodik Peserta Didiknya

Sahabat Edukasi yang berbahagia... Sejak tahun pelajaran 2012/2013, Dapodik (Data Pokok Pendidikan) telah mulai digunakan hingga pada saat ini yakni di tahun pelajaran 2016/2017 dari jenjang PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB di seluruh Indonesia dan pada sekolah Indonesia yang berada di luar negeri.

Dan pelaksana tugas dalam proses entry data, verifikasi dan validasi awal pada tingkat satuan pendidikan, hingga proses pengiriman data dilakukan oleh Rekan Operator Sekolahnya masing-masing.

Akan tetapi bukan hal yang ringan dalam mengumpulkan data awal dari setiap peserta didik khususnya pada sekolah-sekolah yang berada di daerah yang katakanlah mendekati kategori 3 T ((Terpencil, Terluar, dan Tertinggal). Masih banyak ditemukan adanya peserta didik yang belum memiliki Akta Kelahiran maupun Kartu Keluarga (KK) seperti yang saya alami pun masih demikian adanya.

Selain itu, untuk sekolah yang memiliki jumlah peserta didik relatif banyak hingga ratusan, oleh karena itu diperlukan bantuan dari Bapak / Ibu Guru Wali Kelas dalam mengingatkan peserta didiknya yang belum mengumpulkan dokumen sebagai data dasar Dapodik, karena Bapak dan Ibu Guru Wali Kelaslah yang lebih memahami masing-masing individu karena frekuensi interaksinya lebih sering. Data dasar tersebut di antaranya : Formulir Isian Dapodik, Akta Lahir, Kartu Keluarga, KIP/KPS/KKS/PKH, Ijazah, SKHUN, dan lain-lain dari setiap peserta didik.

Sehingga dalam edisi curhatan kali ini dapat saya simpulkan bahwasannya pengabdian Bapak dan Bapak Ibu Guru di era pendataan Dapodik saat ini, bukan hanya untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi diri peserta didik untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara, akan tetapi juga berperan penting dalam membantu Operator Sekolah dalam rangka menyukseskan pendataan masing-masing peserta didiknya untuk kelancaran administrasi pada jenjang pendidikan dan masa depan mereka selanjutnya... 

Pada akhirnya, ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh Bapak dan Ibu Guru yang telah berkenan membantu Rekan-rekan Operator Dapodik sekolahnya masing-masing dalam rangka optimalisasi pendataan dari setiap peserta didiknya, semoga Allah SWT membalas semua kebaikan Bapak dan Ibu Guru dengan kebaikan yang berlipat ganda.. Amin... Salam Edukasi...!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Terimakasih Kepada Seluruh Bapak dan Ibu Guru Yang Telah Berkenan Membantu Operator Sekolahnya Dalam Optimalisasi Data Dapodik Peserta Didiknya"

Post a Comment