Ciri-Ciri Minimal Sifat dan Karakter Yang Dewasa - Dewasa Bukan Ditentukan Oleh Lamanya Usia, Tapi Optimalisasi Usia

Sahabat Edukasi yang berbahagia... Dalam kesempatan kali ini, saya akan share beberapa sifat / karakter yang melekat pada seseorang sehingga dapat dikatakan dewasa, mohon maaf ini bukan berdasarkan umur ataupun usia, akan tetapi berdasarkan sifat ataupun karakternya secara umum, selengkapnya sebagai berikut:

1.   Bisa berpikir minimal dari 2 sudut pandang yang berbeda.

2.   Berani bertanggung jawab atas segala hal yang telah dilakukan.

3.   Dapat menahan diri dari segala bentuk “suara hati” maupun “buah pikiran” hingga pada waktu dan tempat yang tepat untuk diungkapkan.


4.   Mampu mengakomodir segala permasalahan dengan bijak (emosi tidak melampaui logika).

5.   Tidak mudah terprovokasi dalam hal negatif, akan tetapi responsif dalam hal yang positif.

6.   Apa yang dikatakan, itu yang sudah atau sedang dilakukan, bukannya yang akan dikerjakan atau direncanakan.

Selain beberapa hal di atas, tentu masih banyak lagi sifat ataupun karakter yang menjadi ciri-ciri / kriteria bagi seseorang sehingga dapat dikatakan dewasa. Dan "Dewasa itu bukan ditentukan oleh lamanya usia, akan tetapi ia ditentukan oleh seberapa besar optimalisasi dari usia". Semua inipun tentu saja relatif bagi setiap individu dalam menyikapi tulisan saya kali ini. Semoga sedikit ataupun banyak ada manfaatnya bagi Rekan Pembaca Budiman semuanya. Terimakasih dan Salam Edukasi...!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Ciri-Ciri Minimal Sifat dan Karakter Yang Dewasa - Dewasa Bukan Ditentukan Oleh Lamanya Usia, Tapi Optimalisasi Usia"

Post a Comment