Download Surat Edaran, Pedoman Pelaksanaan, Logo dan Tema Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2017

Sahabat Edukasi yang berbahagia... Pada setiap tanggal 2 Mei dalam setiap tahunnya ditetapkan sebagai Hari Pendidikan Nasional  (Hardiknas) oleh pemerintah Republik Indonesia melalui Keppres RI Nomor 316 Tahun 1959, hal tersebut merupakan wujud nyata kepedulian pemerintah akan pentingnya pendidikan di negeri ini. Penetapan Hari Pendidikan Nasional dilatarbelakangi oleh sosok yang memiliki jasa luar biasa di dunia pendidikan kita, Ki Hadjar Dewantara, yang lahir pada tanggal 2 Mei 1889.

Peringatan Hari Pendidikan Nasional yang diselenggarakan setiap tanggal 2 Mei tidak semata-mata dimaksudkan untuk mengenang hari kelahiran Ki Hadjar Dewantara selaku Bapak Perintis Pendidikan Nasional, namun lebih merupakan sebuah momentum untuk kembali menumbuhkan rasa patriotisme dan nasionalisme pada seluruh insan pendidikan.

Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk mewujudkan tujuan tersebut adalah dengan menetapkan pelaksanaan Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional. Hal ini dimaksudkan agar semua insan pendidikan mengingat kembali filosofi dari nilai perjuangan Ki Hadjar Dewantara dalam menegakkan pondasi pendidikan di Indonesia.

Berkaitan dengan hal tersebut, untuk keseragaman dan tertibnya penyelenggaraan upacara bendera dalam rangka peringatan hari Pendidikan Nasional Tahun 2017 ini, perlu diterbitkan pedoman pelaksanaan upacara bendera.


Tujuan, Sasaran, Tema, Logo dan Tema Hari Pendidikan Nasional Tahun 2017

1. Tujuan

Memperkuat komitmen seluruh insan pendidikan akan penting dan strategisnya pendidikan bagi peradaban dan daya saing bangsa; Mengingatkan kembali kepada seluruh insan pendidikan akan filosofi perjuangan Ki Hadjar Dewantara dalam meletakkan dasar dan arch pendidikan bangsa; Meningkatkan rasa nasionalisme di kalangan insan pendidikan.

2. Sasaran

Semua insan pendidikan antara lain; pemangku kepentingan dan karyawan di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan balk di pusat maupun di daerah; pemangku kepentingan dan karyawan di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi; Kementerian Agama; Kantor Perwakilan Republik Indonesia di luar negeri; pemerintahan daerah; satuan pendidikan; serta institusi penyelenggara pendidikan.

3. Tema

Tema peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2017 adalah "Percepat Pendidikan yang Merata dan Berkualitas"

Download selengkapnya Surat Edaran Kemdikbud RI, Pedoman Pelaksanaan Upaca Bendera, Logo dan Tema Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2017 dengan klik di sini. Semoga bermanfaat dan terimakasih... Salam Edukasi...!

Sumber : https://www.kemdikbud.go.id/

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Download Surat Edaran, Pedoman Pelaksanaan, Logo dan Tema Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2017"

Post a Comment