Panduan Cara Mudah Update / Patch Aplikasi Dapodik 2017b

Sahabat Edukasi yang berbahagia... Pada tanggal 20 April 2017 telah dirilis aplikasi Dapodik resmi versi 2017b. Adapun pada versi aplikasi ini telah ditambahkan fitur pengisian nilai rapor dan nilai ujian sekolah (US) ataupun nilai ujian sekolah berstandar nasional (USBN).

Seperti yang saya rilis dari situs resmi Dapodik Dirjen Dikdasmen bahwasannya dalam rangka untuk terus menerus meningkatkan kualitas data Dapodik, maka senantiasa dilakukan perbaikan dan penyempurnaan pada Aplikasi Dapodik. Pengembangan fitur-fitur pada Aplikasi Dapodik juga dilakukan untuk mengakomodasi berkembangnya kebutuhan akan data Dapodik dan juga untuk lebih meningkatkan layanan terhadap segenap stakeholder pendidikan ditingkat pusat maupun daerah. Maka saat ini kami telah merilis pembaruan Aplikasi Dapodik 2017 yaitu Versi 2017b. Pada versi 2017b ini telah ditambahkan fitur nilai Rapor dan nilai US/USBN. Adapun pembaruan dan perbaikan Aplikasi Dapodik 2017b selengkapnya adalah sebagai berikut:

1.   [Pembaruan] Penambahan Menu untuk menginput nilai rapor peserta didik
2.   [Pembaruan] Penambahan tombol untuk memasukan prefill anggota rombel terdahulu
3.   [Perbaikan] Pembukaan pembuatan akun PTK untuk Non Induk.

Untuk melakukan update /pembaruan versi aplikasi menjadi Aplikasi Dapodik 2017b dapat dilakukan dengan menggunakan:

1) UPDATER Aplikasi Dapodik 2017b

Bagi sekolah yang masih menggunakan Aplikasi Dapodik Versi 2017 dan Versi 2017a dapat melakukan pembaruan menjadi Versi 2017b dengan menggunakan Updater Aplikasi Dapodik 2017b, langkah-langkahnya sebagai berikut:

a.   Unduh file UPDATER Aplikasi Dapodik 2017b pada link berikut ini : Updater Aplikasi Dapodik Versi 2017.b
b.   Lakukan installasi sampai dengan selesai.
c.   Lakukan refresh (Ctrl + F5).


2. Pembaruan online

Bagi sekolah yang masih menggunakan Aplikasi Dapodik Versi 2017 dan Versi 2017a juga dapat melakukan pembaruan menjadi Versi 2017b dengan cara pembaruan secara online, langkah-langkahnya sebagai berikut:

a.   Pastikan komputer terkoneksi internet.
b.   Silahkan login pada Aplikasi Dapodik Versi 2017 atau Versi 2017a
c.   Masuk pada menu Pengaturan, Cek Pembaruan Aplikasi, klik pada tombol “Cek Pembaruan”.
d.   Maka ditampilkan keterangan bahwa Pembaruan Tersedia. Pembaruan Tersedia (Dapodik 2017b) Apakah Anda ingin melanjutkan? Pastikan tidak menutup jendela browser sebelum proses pembaruan selesai!
e.   Klik tombol “Lanjutkan”, maka sistem akan melakukan update pembaruan.
f.    Setelah proses selesai, klik tombol “Muat ulang halaman sekarang”.

Dengan adanya fitur input nilai Rapor dan nilai US/USBN maka data proses pengiriman data pada waktu sinkronisasi akan bertambah besar. Oleh karenanya untuk memperlancar proses sinkronisasi khususnya sinkronisasi nilai disarankan untuk melakukan sinkronisasi secara bertahap dan tidak harus menunggu sampai dengan input nilai selesai seluruhnya. Prioritaskan input nilai semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017.

Download panduan manual penggunaan aplikasi Dapodik Versi 2017b, silahkan klik di sini. Semoga bermanfaat dan terimakasih... Salam Edukasi...!

Sumber referensi artikel : http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Panduan Cara Mudah Update / Patch Aplikasi Dapodik 2017b"

Post a Comment