Pedoman Lomba INOBEL (Inovasi Pembelajaran) Tahun 2018 Bagi Guru Pendidikan Menengah Tingkat Nasional (Pemula, Madya, dan Utama)

Sahabat Edukasi yang berbahagia... Guru sebagai tenaga professional berperan penting dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional, yaitu berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri serta menjadi warganegara yang demokratis dan bertanggung jawab. Guru diwajibkan melakukan kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan agar kompetensi keprofesiannya tetap sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya dan/atau olahraga.



Guru diharapkan dapat menciptakan pembelajaran yang kreatif dan inovatif, serta berhasil mengembangkan berbagai model pembelajaran yang bermutu. Dalam rangka meningkatkan motivasi dan inovasi guru dalam pembelajaran maka diperlukan berbagai upaya. Salah satu upaya yang dapat meningkatkan motivasi guru untuk selalu mengembangkan diri adalah melalui Lomba Inovasi Pembelajaran (Inobel) Guru Pendidikan Menengah Tingkat Nasional Tahun 2018. Lomba Inobel pada Tahun 2018 ini terbagi ke dalam tiga level yaitu Pemula, Madya dan Utama.

Pedoman Lomba Inobel Guru Pendidikan Menengah Tingkat Nasional Tahun 2018 ini disusun sebagai acuan pelaksanaan lomba bagi Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah, Dinas Pendidikan Provinsi, Satuan Pendidikan dan Guru peserta lomba.

Inovasi Pembelajaran adalah upaya untuk memperbarui sistem dan perangkat pembelajaran agar kualitas proses dan hasil pembelajaran menjadi lebih baik. Inovasi pembelajaran meliputi; pengembangan materi ajar, pengembangan metode, media dan evaluasi pembelajaran. Inovasi pembelajaran dapat dilakukan melalui penelitian eksperimen, penelitian tindakan dan penelitian & pengembangan (research and development).

Lomba Inovasi Pembelajaran adalah kegiatan lomba yang diikuti oleh guru Jenjang Pendidikan Menengah untuk berkompetisi pada tingkat nasional dalam penyusunan karya inovatif. Karya inovatif tersebut diharapkan mampu memecahkan masalah dalam proses pembelajaran sesuai dengan tugas dan fungsi guru untuk meningkatkan mutu hasil belajar peserta didik.
Download / unduh selengkapnya Pedoman Inobel Tahun 2018, silahkan klik pada tautan yang tersedia dalam tampilan di bawah ini:


Demikian share informasi mengenai Pedoman INOBEL Tahun 2018 untuk pendidikan menengah semoga bermanfaat dan terimakasih... Salam Edukasi...! 

Sumber : https://www.kesharlindungdikmen.id

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Pedoman Lomba INOBEL (Inovasi Pembelajaran) Tahun 2018 Bagi Guru Pendidikan Menengah Tingkat Nasional (Pemula, Madya, dan Utama)"

Post a Comment