Beri Pertanyaan/Tebakan Ke Anak Sebelum Memberi Uang Dapat Meningkatkan Kecerdasan Serta Dapat Meningkatkan Hubungan Harmonis Antara Anak dan Orang Tua

Sahabat Edukasi yang berbahagia... Hampir dalam setiap harinya, bagi orang tua yang sudah memiliki anak terutama yang sudah bersekolah baik pada tingkat PAUD, SD, SMP dan seterusnya dipastikan sang anak minta uang dengan ibu ataupun ayahnya adalah hal yang biasa terjadi. Selanjutnya dengan adanya momentum yang mana posisi kedua orang tua sangat berharga bagi anak ini dimanfaatkan sebaik mungkin agar momentum ini tidak sia-sia. Lalu bagaimanakah caranya?


Oke, dalam kesempatan kali ini saya akan bagikan tips jitu agar momentum saat anak minta uang pada kita menjadi lebih bermakna yang lebih luas, bukan semata sebagai bentuk tanggung jawab orang tua dalam segi ekonomi saja namun sebagai bentuk tanggung jawab orang tua dalam meningkatkan sumber daya manusia dari anak-anak kita. 

Adapun, salah satunya dengan memberikan pertanyaan atau tebakan yang tingkat kesulitannya disesuaikan dengan jenjang pendidikan anak kita, agar memudahkan, silahkan baca buku anak kita tanpa sepengetahuan anak, dan saat anak minta uang, sebelum diberikan uang, kasihlah pertanyaan yang sudah Anda siapkan itu untuk dijawab anak, sampai jawabannya benar, baru deh dikasih uangnya. Jikapun anak Anda belum bisa menjawab, silahkan segera kasih pertanyaan yang levelnya lebih mudah sampai anak bisa menjawab pertanyaan Anda dengan benar, dan pesankan ke anak, besok semakin banyak minta uangnya maka pertanyaannya akan semakin sulit, begitu seterusnya. Mudah-mudahan berhasil.

Dengan begitu, maka sebagai orang tua secara langsung juga dapat mengetahui sampai seberapa kemampuan anak kita, sehingga dari evaluasi tersebut kita dapat menyesuaikan pendidikan keluarga yang dapat kita terapkan dengan lebih tepat atau bahkan dapat kita koordinasikan dengan guru mereka di kelas. Berikut salah satu contohnya:



Semoga bermanfaat dan terimakasih... Salam Edukasi...!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Beri Pertanyaan/Tebakan Ke Anak Sebelum Memberi Uang Dapat Meningkatkan Kecerdasan Serta Dapat Meningkatkan Hubungan Harmonis Antara Anak dan Orang Tua"

Post a Comment