Buku Siswa Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti Kelas VI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018

Sahabat Edukasi yang berbahagia… Kurikulum 2013 dirancang sebagai kendaraan untuk mengantarkan peserta didik menuju penguasaan kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Pendekatan ini selaras dengan pandangan dalam agama Buddha bahwa belajar tidak hanya untuk mengetahui dan mengingat (pariyatti), tetapi juga untuk melaksanakan (patipatti), danmencapai penembusan (pativedha). “Seseorang banyak membaca kitab suci, tetapi tidak berbuat sesuai dengan ajaran, orang yang lengah itu sama seperti gembala yang menghitung sapi milik orang lain, ia tidak akan memperolah manfaat kehidupan suci.” (Dhp.19).

Untuk memastikan keseimbangan dan keutuhan ketiga ranah tersebut, pendidikan agama perlu diberi penekanan khusus terkait dengan pembentukan budi pekerti, yaitu sikap atau perilaku seseorang dalam hubungannya dengan diri sendiri, keluarga, masyarakat dan bangsa, serta alam sekitar. Proses pembelajarannya mesti mengantar mereka dari pengetahuan tentang kebaikan, lalu menimbulkan komitmen terhadap kebaikan, dan akhirnya benar-benar melakukan kebaikan. Dalam ungkapan Buddhanya, “Pengetahuan saja tidak akan membuat orang terbebas dari penderitaan, tetapi ia juga harus melaksanakannya” (Sn. 789).


Buku Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti Kelas VI ditulis dengan semangat itu. Pembelajarannya dibagi ke dalam beberapa kegiatan keagamaan yang harus dilakukan peserta didik dalam usaha memahami pengetahuan agamanya dan mengaktualisasikannya dalam tindakan nyata dan sikap keseharian, baik dalam bentuk ibadah ritual maupun ibadah sosial.

Peran guru sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap peserta didik dengan ketersediaan kegiatan yang ada pada buku ini. Guru dapat memperkayanya secara kreatif dengan kegiatan-kegiatan lain, melalui sumber lingkungan alam, sosial, dan budaya sekitar.

Adapun daftar isi utama dalam Buku Siswa Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti Kelas untuk Kelas 6 Sekolah Dasar Edisi Revisi Tahun 2018 ini adalah sebagai berikut:

Pelajaran 1 Keajaiban Pencapaian Penerangan Sempurna
Pelajaran 2 Dasa Paramita
Pelajaran 3 Kisah Rumah Terbakar
Pelajaran 4 Perumpamaan Orang yang Terkena Panah Beracun
Pelajaran 5 Perumpamaan Kembalinya Anak yang Hilang  

Uji Pengetahuan Tengah Semester
Pelajaran 6 Pengertian Meditasi
Pelajaran 7 Meditasi Pernapasan
Pelajaran 8 Meditasi Cinta Kasih
Pelajaran 9 Pencapaian Alam Surga
Pelajaran 10 Nibbana
Uji Pengetahuan Akhir Semester

Download/unduh Buku Siswa Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti Kelas VI SD Edisi Revisi 2018 silahkan klik pada tautan di bawah ini:


Artikel Terkait:

0 Komentar di "Buku Siswa Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti Kelas VI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 "

Post a Comment