Buku Siswa Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Kelas VI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018

Sahabat Edukasi yang berbahagia… Kurikulum 2013 dirancang agar peserta didik tidak hanya bertambah pengetahuannya, tetapi juga meningkat keterampilan, sikap, dan perilaku serta semakin mulia kepribadiannya. Tujuan luhur yang ingin dicapai adalah adanya kesatuan utuh antara kompetensi pengetahuan (knowledge), keterampilan (skill),dan sikap (attitude). Melalui pembelajaran Agama Hindu dan Budi Pekerti, diharapkan akan melahirkan anak-anak didik yang tidak saja pengetahuan agamanya semakin bagus, tetapi juga keterampilan dan sikapnya semakin baik. Semua ini adalah modal berharga bagi peserta didik untuk dapat hidup bersama yang terjalin dalam hubungan harmonis antara dirinya dengan sesama, dengan Tuhan, dan dengan lingkungannya.

Dengan demikian, pengetahuan agama dan budi pekerti yang dipelajari parapeserta didik akan menjadi sumber nilai dan penggerak perilaku mereka, baik untukdirinya, keluarga, dan masyarakat. Sekadar contoh, di antara nilai budi pekerti dalam agama Hindu, ada dikenal dengan Tri Marga (bakti kepada Sang Hyang Widhi, orang tua, dan guru; karma, bekerja sebaik-baiknya untuk dipersembahkan kepada orang lain dan Sang Hyang Widhi; jnana, menuntut ilmu sebanyak-banyaknya untuk bekal hidup dan penuntun hidup), dan Tri Warga (dharma, berbuat berdasarkan atas kebenaran; artha, memenuhi harta benda untuk hidup berdasarkan kebenaran, dan kama, memenuhi keinginan sesuai dengan norma norma yang mulia).

Dalam pembentukan budi pekerti, proses pembelajarannya mesti mengantarkan peserta didik dari pengetahuan tentang dharma, lalu menimbulkan komitmen atausatya terhadap kebaikan, akhirnya benar-benar menjalankan kebaikan, sehingga perilaku kebaikan dan akhlak mulia menjadi sebuah kebiasaan hidup. Buku PanduanSiswa ini ditulis dengan tanggung jawab moral untuk mengantarkan peserta didik menuju pada hidup dan kehidupan yang penuh dengan kesejahteraan, keteduhan dan kedamaian (lokhasam graham).


Metode pembelajarannya dituangkan dalam ranah kegiatan mengamati; menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi, dan menggomunikasikan. Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi dasar (KD) dalam kegiatan keagamaan yang harus dilakukan para pendidik kepada peserta didik dalam usaha memahami pengetahuan agamanyadan mengaktualisasikannya ke dalam tindakan nyata dan sikap keseharian, baik dalam bentuk ibadah ritual maupun ibadah sosial, pemahaman konsep, dan aplikasi konsep pengetahuan agama.

Dalam hal ini, mengingat Buku Siswa bersifat minimal dan berisi petunjuk umum, maka siswa dapat memperkayanya secara kreatif dan inovatif dengan kegiatan-kegiatan lain yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam sekitar untuk membuat proses belajar yang berkualitas.

Adapun daftar isi utama dalam Buku Siswa Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Kelas untuk Kelas 6 Sekolah Dasar Edisi Revisi Tahun 2018 ini adalah sebagai berikut:

Pelajaran 1 Mengenal Isi dari Kitab Bhagawadgita
A. Mengenal Bhagawadgita sebagai Tuntunan Hidup
B. Isi dari Kitab Suci Bhagawadgita sebagai Tuntunan Hidup
C. Makna yang Terkandung dalam Isi Pokok Bhagawadgita
D. Nilai- Nilai yang Terkandung dalam Bhagawadgita

Pelajaran 2 Ajaran Panca Sradha sebagai Penguat Keyakinan
A. Keyakinan dalam Agama Hindu
B. Bagian- Panca Sradha
C. Contoh Bagian- Panca Sradha

Pelajaran 3 Tat Twam Asi dalam Cerita Itihasa
A. Memahami Ajaran Tat Twam Asi
B. Konsep Tat Twam Asi dalam Cerita Itihasa
C. Manfaat ajaran Tat Twam Asi dalam Kehidupan

Pelajaran 4 Mengenal Sad Ripu dalam Diri Manusia
A. Mengenal Musuh-Musuh dalam Diri Manusia
B. Bagian- Sad Ripu
C. Contoh bagian-bagian Perilaku Sad Ripu
D. Akibat Perilaku yang dipengaruhi Sad Ripu
E. Upaya Mengendalikan Diri dari Perilaku Sad Ripu

Pelajaran 5 Tri Rna sebagai Utang yang Dibawa Sejak Lahir
A. Mengenal Tri Rna sebagai Utang Manusia yang Wajib Dibayar
B. Bagian- Tri Rna
C. Contoh Penerapan Tri Rna dalam Kehidupan
D. Keseimbangan antara Hak dan Kewajiban dalam Melaksanakan Tri Rna
E. Hubungan Tri Rna dengan Yadnya

Download/unduh Buku Siswa Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Kelas VI SD Edisi Revisi 2018 silahkan klik pada tautan di bawah ini:


Artikel Terkait:

0 Komentar di "Buku Siswa Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Kelas VI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 "

Post a Comment