Menjawab Pertanyaan, Apakah Buka Kursus Internet dan Google Adsense?

Sahabat Edukasi yang berbahagia… Sebagaimana beberapa Rekan saya yang mengenal saya melalui saluran blog tentu ada di antaranya yang menganggap saya memiliki kompetensi atau kemampuan yang memadai dalam blog. Namun sesungguhnya, saya juga sama seperti sebagian Rekan yang seringkali bertanya saya jawab melalui postingan ini, khususnya yang bertanya kira-kira seperti ini “Apakah Buka Kursus Internet dan Adsense Pak?”. Untuk menjawabnya, maka saya uraikan sebagai mana paragraf demi paragraf di bawah.

Saya mulai mengenal blog pada intinya adalah belajar internet dari internet, sudah banyak berbagai macam langkah, tutorial, panduan, dan berbagai petunjuk untuk blogger pemula sampai dengan professional sudah disajikan di internet, terlebih sekarang sudah semakin banyak Youtuber yang juga membahas tentang blog yang dapat Rekan-rekan dapat pelajari mulai bagaimana membuat blog dengan email, bagaimana menata blog, template gratis, dan berbagai tips dan triks saya kira sudah sangat lengkap di internet saat ini. Sehingga saya pun bisa dikatakan sudah ketinggalan jauh karena seiring dengan tugas dan tanggungjawab baik di instansi maupun di keluarga membuat semakin sedikit ruang dan waktu untuk belajar khususnya terkait blog ini.
Yang terpenting selain daripada itu adalah motivasi Rekan-rekan mau ngeblog itu untuk apa sih? Untuk mendapatkan uangkah, mendapatkan popularitaskah, mendapatkan jaringan bisnis maupun pertemanan yang semakin luas dan seterusnya. Motivasi apapun itu sah-sah saja, namun jika tanya motivasi saya, maka akan saya jawab, saya ngeblog sejak tahun 2008 dan tidak ada sedikitpun motivasi untuk uang, namun murni untuk berbagi kepada sesama dan motivasi lain agar blog saya ramai dan banyak di kenal orang (popularitas), karena semakin banyak silaturahmi yang terbangun dari popularitas maka kita akan semakin merasakan manfaat positif khususnya dalam sharing wawasan dan pengalaman dengan blogger lainnya, karena apa? Jika kita tidak dikenal oleh blogger lainnya maka kita pun akan sulit membangun pertemanan dengan blogger lain khan?

Dan barulah mulai pada tahun 2015 itulah blog saya mulai ter-monetize dengan Adsense, dan bagaimana hasilnya? Tentu banyaknya di luar dugaan saya tentunya. Namun catatannya, saya dari awal tidak termotivasi uang tapi termotivasi menjadi penulis blog yang dapat dikenal luas dan isinya dapat bermanfaat bagi orang banyak. Kemudian, bagaimana produktifitas ngeblog saya setelah termonetize, jawabannya singkat justru pengunjung blog kurang optimal, karena saya sebelum menulis sudah terbayangi berbagai ilusi, jangan-jangan nanti nggak ada yang baca, jangan-jangan ini melanggar ketentuan Google Adsense dan seterusnya jadinya karya yang saya hasilkan baik kuantitas maupun kualitasnya jauh dari sebelum ter-monetize. Sehingga mulai di bulan September 2020 ini, mindset saya mulai kembali sebagaimana awal dulu, bagaimana menebar manfaat ke orang banyak tanpa terbayang-bayangi oleh hal-hal yang belum tentu terjadi. Jika pun ada hasil yang lebih, alhamdulillah, dan jikapun tidak juga alhamdulillah, karena rejeki sudah diatur oleh Allah SWT.

Oleh karena itu, bagaimana Rekan-rekan menyimpulkan dari uraian saya ini di atas, jadi saya tidak buka kursus internet terlebih Google Adsense, karena keduanya ini sangat dinamis menurut saya, literasipun juga sudah banyak di internet sebagaimana sudah saya uraikan tadi.

Menurut saya, silahkan awali dari karya-karya sederhana, mengalirlah dalam menulis hal-hal yang Anda kuasai, bebas intinya Anda tetap berkarya dan konsisten secara terus-menerus insya Allah akan sampai pada tujuan. Aamiin.

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Menjawab Pertanyaan, Apakah Buka Kursus Internet dan Google Adsense?"

Post a Comment