Tidak Ada Yang Instan, Semua Butuh Proses Untuk Mencapai Sukses

Sahabat Edukasi yang berbahagia… Untuk dapat sampai di tempat tujuan tertentu tentu diperlukan perjalanan yang harus ditempuh, ada bekal yang harus dipersiapkan, ada media transportasi yang digunakan, serta ada waktu yang harus dihabiskan dalam proses perjalanan tersebut. Semakin jauh tujuan kita, maka semakin besar bekal, semakin besar biaya, serta semakin lama pula waktu tempuh yang harus kita siapkan semuanya sebelum berangkat. Begitu juga dengan apapun tujuan dari hidup kita, semuanya memerlukan pengorbanan, proses usaha, dan tentu juga waktu untuk melakukan semua upaya tergantung seberapa besar pencapaian kita.

Namun yang terpenting dalam mempersiapkan diri, kita harus memiliki kemauan untuk bergerak berusaha, namun yang terpenting ada kemampuan untuk bertindak. Terlalu hati-hati dalam hal yang kita sendiripun tidak bisa kontrol dan kendalikan tentu akan semakin memperlambat kita untuk memulai perjalanan yang sedang direncanakan. Bahkan untuk membuat mie instan pun kita harus tetap mempersiapkan semua peralatan yang ada sehingga mie instan tersebut siap disajikan dan siap disantap.


Waktu lama atau tidak itu relatif tergantung dengan apa yang kita inginkan, seperti halnya saat kita menunggu baju kita selesai di penjahit semakin rumit permintaan kita maka semakin lama pula baju itu selesai. Begitu juga dengan hidup, semakin tinggi yang kita cita-citakan maka semakin besar pula upaya yang harus kita lakukan. Berikut beberapa tips agar kita dapat mencapai sukses:


1.   Lakukan semua kewajiban kita dengan seoptimal mungkin.

2.   Jangan pernah mengeluh disaat kita sedang berpeluh, kecuali memang mengeluh di tempat yang tepat, di saat yang tepat, dan dengan orang yang tepat, yang dipastikan akan dapat mendatangkan sesuatu yang lebih baik, contohnya mengeluh pada dokter di saat kita sedang sakit, maka kita akan diberikan perawatan dan/atau obat yang tepat.

3.   Hormati hak dan hargai prestasi semua orang yang kita temui.

4.   Berpikir terbuka dan luas untuk selalu siap menerima hal-hal baru tak terkecuali adanya kritik dan saran yang membangun dari manapun juga, agar kita selalu mendapatkan ilmu-ilmu dan pengalaman-pengalaman segar belajar terus ke arah yang lebih baik. Di atas langit masih ada langit, hampir semua di dunia ini dinamis, jangan biarkan diri kita stagnan atau berhenti di satu titik perhentian yang membuat kita tidak maju dan berkembang.

5.   Nikmati semua prosesnya dengan sabar dan syukur dalam setiap kondisi dan keadaan yang silih berganti.

6.   Pastikan kita selalu berada di jalan yang benar, niat yang benar, dan cara yang benar, serta kerahkan semua daya dan upaya yang ada kemudian selalu yakin dan percayalah dengan menyerahkan semua hasil sebagai rahmat dari Tuhan Yang Maha Kuasa.

Terlepas dari itu semua, kita semua telah memiliki takdir yang berbeda-beda, idealis namun tetap realistis itu kuncinya. Semoga sukses selalu Sahabat… Salam Edukasi..!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Tidak Ada Yang Instan, Semua Butuh Proses Untuk Mencapai Sukses"

Post a Comment