Urutan dan Bacaan Khusus Bilal/Muroqi Sholat Jum’at Lengkap Arab, Latin, dan Terjemahan Dalam Bahasa Indonesia

Sahabat Edukasi yang berbahagia… Dalam kesempatan kali saya ingin membagikan urutan serta bacaan bagi saudara-saudara yang bertugas sebagai bilal/muroqi sholat Jum’at. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Aamiin… Selengkapnya sebagai berikut:


1.   Bilal mengumandangkan adzan.

 

2.   Bilal membaca ajakan Sholat Sunnah Qobliyah Jum’at dengan membaca:

يا إحونى رحمكم الله

صلوا سنة قبلية الجمعة رحمكم الله

ألصلاة لاإله إلاالله

Yaa ikhwani rokhima kumulloh,

shollu sunnatan qobliyatal jum’ati rohimakumulloh 2x

assholatu laa ilaha illalloh.



3.   Sesudah sholat sunnah, Bilal berdiri di depan mimbar menghadap jama’ah sambil membawa tongkat untuk mengikuti dan mendengarkan khotbah dengan baik, dengan membaca kalimat di bawah ini :

 

يَامَعَاشِرَالْمُسْلِمِيْنَ وَزُمْرَةَالْمُؤْمِنِيْنَ رَحِمَكُمُ اللهِ، رُوِيَ عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَرَضِيَ اللهُ عَنْهُ اَنَّهٗ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : اِذَاقُلْتَ لِصَاحِبِكَ يَوْمَ الْجُمْعَةِ اَنْصِتْ وَاْلاِمَامُ يَخْطُبُ فَقَدْ لَغَوْتَ. اَنْصِتُوْا وَاسْمَعُوْا وَاَطِيْعُوْا رَحِمَكُمُ اللهُ, اَنْصِتُوْا وَاسْمَعُوْا وَاَطِيْعُوْا رَحِمَكُم اللهُ, اَنْصِتُوْا لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُوْنَ

 

Artinya : “Wahai sekalian orang-orang muslim dan segolongan orang-orang mukmin semoga Allah memberi rahmat kepada kalian, diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a bahwa beliau berkata : Rasulullah Saw. bersabda : “Apabila engkau berkata kepada temanmu pada hari Jum’at perhatikanlah; padahal Khatib sedang berkhotbah. Maka sungguh sia-sialah kamu. Perhatikanlah, dengarkanlah dan taatlah kamu, semoga Allah memberi rahmat kepada kamu. Perhatikanlah, dengarkanlah dan taatlah kamu, semoga Allah memberi rahmat kepada kamu. Perhatikanlah ! semoga kamu sekalian diberi rahmat.”


4.   Setelah khotib menerima tongkat, Bilal menghadap kiblat, kemudian membaca do’a dengan sebagai berikut:

 

اللَّـٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا وَمَوْلاَنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، اللَّـٰهُمَّ قَوِّ اْلإِسْلاَمَ  وَاْلإِيمَانَ، مِنَ الْمُسْلِمِينَ وَالْمُسْلِمَاتِ، وَالْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ، اْلأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلأَمْوَاتِ، وَانْصُرْهُمْ عَلَى مُعَانِدِيْ الدِّينَ رَبِّ اخْتِمْ لَنَا مِنْكَ بِالْخَيْرِ، يَاخَيْرَ النَّاصِرِينَ، بِرَحْمَتِكَ يآأَرْحَمَ الرَّاحِمِينَ

 

Artinya:   "Ya Allah, kuatkanlah keislaman dan keimanan kaum muslimin (pria) dan muslimat (wanita), kaum mukminin (pria) dan mukminat (wanita), yang masih hidup dari mereka semua dan juga yang sudah meninggal, mudahkanlah mereka untuk mengokohkan agama, akhirilah (hidup) kami dari-Mu dengan kebaikan, wahai Tuhan sebaik-baik penolong, dengan rahmat-Mu wahai Tuhan Yang Maha Penyayang dari semua penyayang."

 

5.   Bilal tetap berdiri menunggu khotib menyampaikan salam, sesudah itu baru adzan lagi yang ke dua dengan irama yang lebih pendek daripada adzan yang pertama.


6.   Jeda di antara khotbah pertama dengan khotbah yang kedua, bilal membaca sholawat (pilih satu diantaranya):

a). Panjang:

اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَزِدْوَاَنْعِمْ وَتَفَضَّلْ وَبَارِكْ بِجَلَالِكَ وَكَمَالِكَ عَلٰى زَيْنِ عِبَادِكَ وَاَشْرَفِ عِبَادِكَ سَيِّدِالْعَرَبِ وَالْعَجَمِ وَاِمَامِ طَيْبَةَوَالْحَرَمِ سَيِّدِنَاوَمَوْلَانَامُحَمَّدٍ وَعَلٰى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ وَرَضِىَ اللّٰهُ تَبَارَكَ وَتَعَالٰى عَنْ كُلِّ صَحَابَةِرَسُوْلِ اللّٰهِ اَجْمَعِيْنَ

 

Artinya : “Ya Allah, limpahkanlah kesejahteraan, keselamatan, dan tambahkanlah, berilah kenikmatan dan utamakanlah dan berilah barokah dengan keagungan-Mu dan kesempurnaan-Mu atas cahaya hamba-hamba-Mu dan semulia-mulia hamba-Mu penghulu tanah Arab dan ‘Ajam (asing), pemimpin Thaibah dan Haram, penghulu dan pemimpin kami Nabi Muhammad, para keluarga dan sahabatnya. Dan berilah keselamatan dan ridha Allah Yang Maha Suci dan Maha Luhur atas sekalian sahabat Rasulullaah.


b). Pendek:

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

 

Artinya : “Ya Allah semoga rahmat senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad dan juga kepada Keluarga Nabi Muhammad.”


7.   Iqomat.


Artikel Terkait:

0 Komentar di "Urutan dan Bacaan Khusus Bilal/Muroqi Sholat Jum’at Lengkap Arab, Latin, dan Terjemahan Dalam Bahasa Indonesia"

Post a Comment