Panduan Cara Membaca Rekomendasi PBD (Perencanaan Berbasis Data) Tahun Pelajaran 2022/2023

Sahabat Edukasi yang berbahagia… Pada masing-masing lembar Perencanaan Berbasis Data yang diunduh oleh satuan pendidikan pada bagian sheet 1 terdapat panduan membaca rekomendasi PBD (Perencanaan Berbasis Data) yang harus dipahami agar nantinya satuan pendidikan dapat melakukan pembenahan program yang sesuai dengan kebutuhan.

A. Informasi Umum

1.    Terdapat total 3 Dokumen yang diunduh oleh kepala sekolah dari platform Rapor Pendidikan, yaitu:

a.    Laporan Rapor Pendidikan: berisi keseluruhan indikator dan nilai yang dicapai satuan pendidikan berdasarkan hasil Asesmen Nasional.

b.    Rekomendasi PBD: berisi rekomendasi perencanaan berbasis data (PBD) dengan menampilkan 5 indikator prioritas Kemendikbudristek (literasi, numerasi, karakter, keamanan, dan kebhinekaan).

c.    Uraian Kegiatan Arkas: berisi rekomendasi kegiatan yang dapat dilaksanakan satuan pendidikan (berdasarkan rekomendasi PBD) dan kode kegiatan ARKAS terkait.

2.    Dalam dokumen ini (Rekomendasi PBD), terdapat 2 LEMBAR sebagai berikut:

a.    Prioritas Rekomendasi: rekomendasi PBD dengan menampilkan 5 Akar Masalah Utama berdasarkan nilai terendah dari indikator prioritas level 1.

b.    Seluruh Rekomendasi: rekomendasi PBD dengan menampilkan Seluruh Akar Masalah berdasarkan nilai terendah dari masing-masing indikator prioritas level 1

3.    Dokumen ini adalah panduan untuk membantu satuan pendidikan meningkatkan kualitas pendidikan satuannya melalui PBD.



B. LEMBAR PRIORITAS REKOMENDASI DAN SELURUH REKOMENDASI

1.    Kolom IDENTIFIKASI: acuan satuan pendidikan dalam memilih dan menetapkan masalah

a.    Kolom 'Masalah' berisi 5 indikator prioritas (level 1) yang dapat diintervensi oleh satuan pendidikan

b.    Kolom 'Kategori Capaian' dan 'Nilai Capaian' menampilkan hasil capaian satuan pendidikan pada indikator yang dimaksud

c.    Warna pada 'Kategori Capaian':

Label capaian dengan warna Biru atau Hijau, artinya indikator ini sudah baik namun Masih Bisa Ditingkatkan.

Label capaian dengan warna Merah atau Kuning, artinya indikator ini Perlu Ditingkatkan

2.    Kolom Refleksi: acuan satuan pendidikan dalam merumuskan akar masalah

a.    Kolom 'Akar Masalah' berisi akar masalah utama yang memengaruhi capaian indikator         

b.    Kolom 'Kategori Capaian' dan 'Nilai Capaian' menampilkan hasil capaian satuan pendidikan pada akar masalah yang dimaksud

c.    Warna pada 'Kategori Capaian':

Label capaian dengan warna Biru atau Hijau, artinya indikator ini sudah baik namun Masih Bisa Ditingkatkan

Label capaian dengan warna Merah atau Kuning, artinya indikator ini Perlu Ditingkatkan

3.    Kolom BENAHI: acuan satuan pendidikan dalam menentukan program dan kegiatan sebagai solusi dari akar masalah

4.    Satuan pendidikan BOLEH MEMILIH SALAH SATU dari indikator yang ada dan DIPERKENANKAN MENAMBAH INDIKATOR LAIN sesuai kebutuhan dengan merujuk pada Laporan Rapor Pendidikan.

5.    Satuan pendidikan BOLEH MENAMBAHKAN KEGIATAN LAIN di luar rekomendasi program tersebut yang dirasa sesuai dengan akar masalah.

Contoh cara membaca tabel:



Dari ilustrasi tabel di atas, maka satuan pendidikan dapat membaca dan memahaminya sebagai berikut:

Iklim keamanan di satuan pendidikan tergolong waspada karena kesejahteraan psikologis siswa masih berkembang

Untuk itu, satuan pendidikan DAPAT MEMBENAHI permasalahan tersebut dengan cara:


1)   Pemanfaatan platform merdeka mengajar untuk peningkatan kapasitas guru dan kepala sekolah; dan pengetahuan dan diskusi terkait Kesejahteraan psikologis siswa

2)   Pembentukan dan optimalisasi komunitas belajar untuk peningkatan kompetensi guru dan kepala sekolah dengan berbagi pengetahuan dan diskusi terkait Kesejahteraan psikologis siswa.

Petunjuk pada sheet Prioritas Rekomendasi bertujuan untuk MEMANDU SATDIK mengidentifikasi prioritas masalah, merefleksikan akarnya, dan menentukan strategi untuk pembenahan. Lembar tersebut hanya menampilkan 5 AKAR MASALAH UTAMA berdasarkan nilai terendah dari indikator prioritas level 1. Untuk melihat seluruh akar masalah, silakan buka lembar "SELURUH REKOMENDASI". Selanjutnya, untuk melihat referensi kegiatan sebagai langkah konkret dari program Benahi, silakan buka dokumen URAIAN KEGIATAN ARKAS yang terunduh bersama dengan dokumen Rekomendasi PBD tersebut.

Selanjutnya pada bagian sheet Seluruh Rekomendasi memberikan GAMBARAN LENGKAP tentang masalah yang ada di satdik, akar penyebabnya, serta cara membenahi akar masalah tersebut. Lembar tersebut berisi SELURUH AKAR MASALAH berdasarkan nilai terendah dari masing-masing indikator prioritas level 1. Selanjutnya, untuk melihat referensi kegiatan sebagai langkah konkret dari program Benahi, silakan buka dokumen URAIAN KEGIATAN ARKAS yang terunduh bersama dengan dokumen Rekomendasi PBD tersebut.

Untuk membaca selengkapnya Panduan Membaca Lembar Rekomendasi Perencanaan Berbasis Data (PBD) dan Lembar Kerja Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS) untuk Dikdasmen dapat dilihat pada tautan berikut.

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Panduan Cara Membaca Rekomendasi PBD (Perencanaan Berbasis Data) Tahun Pelajaran 2022/2023"

Post a Comment