Teknik Mengawali Komunikasi Yang Baik Dengan Orang Yang Usianya Lebih Muda

Sahabat Edukasi yang berbahagia... Pernahkan anda menjumpai orang yang usianya sudah memasuki masa pensiun namun saat memanggil nama orang yang di bawah usianya beliau tetap memanggil tidak langsung namanya namun menggunakan panggilan dengan awal sebutan Nak, Dhik, Mas, Bang, Mbak, Yuk, Kanda, Adinda atau berbagai sebutan gelar, jabatan ataupun status sosial dari yang dipanggilnya yang kemudian baru dilanjutkan dengan sebutan namanya.

Senangkah orang yang dipanggilnya itu? Atau jika Anda yang dipanggilnya senang atau tidakkah? Saya yakin, mayoritas dari Anda akan menjawab senang bukan? Namun bisakah kita mengambil pelajaran dari contoh praktik baik ini? Jika iya, tidak salah bukan jika kita melakukan hal seperti ini, yakni dengan kita meniru kebiasaan yang baik ini dan bukankah menyenangkan orang merupakan kebaikan utama dalam hidup bersosial ini.


Sekedar mengingatkan bagi kita semua untuk selalu menghormati kedua orang tua, guru, ulama, pejabat, dan orang-orang yang seharusnya memang harus kita hormati itu adalah wajib sebagai pribadi yang mengedepankan sopan santun serta tata karma dalam pergaulan hidup. Selain menghormati, kita juga harus dapat menghargai orang lain dengan salah satu caranya yakni memanggil tidak dengan namanya langsung atau tidak dengan julukan yang tidak baik yang memang cenderung melekat pada yang bersangkutan, namun ini sebenarnya ini kurang disukai oleh orang yang bersangkutan.

Selain dengan memanggil nama seseorang diawali dengan sebutan panggilan secara umum. Katakan yang sudah anda lakukan, dan lakukan apa yang sudah anda katakan segera. Perkataan adalah unsur bahasa yang diucapkan yang merupakan perwujudan kesatuan perasaan dan pikiran yang dapat digunakan dalam berbahasa. Perkataan adalah bentuk verbal dari sebuah komitmen, dan semua komitmen akan melahirkan konsekuensi baik positif maupun negatif. Oleh karena itu, dapatkan manfaat positif dalam pergaulan sehari-hari bukan hanya dalam perkataan namun juga dalam perbuatan yang dapat menginspirasi kaum muda untuk melakukan seperti yang Anda lakukan. Berkatalah yang baik melalui sikap yang baik, pastikan sikap Anda mencerminkan apa yang Anda ucapkan. Teruslah memotivasi sekaligus menginspirasi dengan berkata dan berkarya nyata yang dimulai dari diri-sendiri, keluarga, hingga di lingkungan kerja maupun masyarakat secara umum. Semoga Tuhan Yang Maha Esa mengijinkan bagi kita semua untuk selalu menjadi pribadi-pribadi yang bermanfaat bukan hanya untuk kualitas hidup kita sendiri tapi juga bermanfaat untuk meningkatkan kualitas hidup orang-orang di sekitar kita... Aamiin ya Robbal 'aalamiin... Semoga bermanfaat dan Salam Edukasi..!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Teknik Mengawali Komunikasi Yang Baik Dengan Orang Yang Usianya Lebih Muda"

Post a Comment