Apakah Blogger Masih Menguntungkan di Tahun 2023 dan Bagaimana Prospek Ngeblog di Tahun 2023? Ini Jawaban Versi Saya!

Sahabat Edukasi yang berbahagia… Blog berasal dari kata web log yang artinya adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Jika blog pribadi maka artinya blog itu dimiliki oleh seseorang yang menjadi pengelola ataupun pemilikinya. Blog juga dapat dipublikasikan untuk publik (umum) artinya seluruh postingan dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut tentunya yang disampaikan melalui tulisan-tulisan yang telah dipublikasikan melalui blog pribadinya tersebut.

Berdasarkan kutipan admin tentang sejarah blog, media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya diakuisisi oleh Google pada akhir tahun 2003. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.

Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam, mulai dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis. Banyak juga blog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga blog yang bersifat sebaliknya (non-interaktif). (https://id.wikipedia.org/wiki/Blog).

Di tahun 2023 ini, apakah ngeblog atau aktivitas dalam mengelola blog masih memiliki peluang atau prospek yang bagus, tentu saja saya jawab, iya. Karena tulisan digital pastinya tetap dibaca bagi yang membutuhkan karena masih banyak orang yang cenderung menikmati tulisan daripada visual audio (video). Hal tersebut saya simpulkan setelah sejak 2008 sebelum saya memiliki pekerjaan tetap, aktivitas tetap saya hampir setiap malam adalah menulis lalu saya posting melalui blog gratis. Saat inipun karena tidak ada hobi lain yang saya sukai selain menulis, ketika ada kesempatan waktu luang saya tetap menulis dan posting di blog walaupun memang frekuensinya tentu saja jauh berkurang mengingat kesibukan yang hampir-hampir selalu ada bahkan saat di hari libur.

Sampai sejauh ini saya melihat, terlebih di era literasi digital seperti saat ini, blog merupakan salah satu alternatif yang baik sebagai media komunikasi dan juga sebagai bagian tak terpisahkan dari sebuah saluran untuk mengeluarkan ide, gagasan, maupun karya-karya dari seseorang. Yang terpenting isi dari postingan di blog memiliki manfaat bagi pembaca secara signifikan dengan disajikan kualitas penulisan yang baik dan benar tentunya.

Sebagai perbandingan kecil, silakan dicoba menonton informasi berbentuk video yang durasinya sekitar 5 menit dengan membaca tulisan blog yang berisi sekitar 500 kata, kemungkinan besar akan cepat memahami ketika membaca blog daripada mendengar dan menonton video yang mana untuk jedanya kita harus mengikuti dalam video, berbeda dengan membaca artikel di blog misalnya, untuk tempo membaca dapat kita percepat dengan lebih fleksibel walaupun video pun bisa juga dipercepat.

Oleh karena itu, bagi Rekan-rekan yang memiliki hobi blog, lanjutkan, terus update dengan tulisan-tulisan yang bermanfaat bukan hanya bagi diri-sendiri tapi juga bagi netizen semua. Terkait penghasilan dari blog tentu saja relatif, tergantung kualitas dan kuantitas dari blog sendiri, namun secara umum apabila blog dikelola secara berkelanjutan dan konsisten, maka blog juga akan menjadi sebuah investasi yang cukup menjanjikan di masa-masa sekarang maupun di masa depan. Berbagai hasil tersebut dapat diawali dari meningkatnya branding blog yang akan berimplikasi juga dalam menaikkan branding pengelolanya atau pengguna blog tersebut, selain itu juga dari kerja sama pihak lain yang mana hal tersebut akan mendatangkan pundi-pundi keuangan untuk Anda. Semoga bermanfaat dan Salam Edukasi..!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Apakah Blogger Masih Menguntungkan di Tahun 2023 dan Bagaimana Prospek Ngeblog di Tahun 2023? Ini Jawaban Versi Saya!"

Post a Comment