Daftar Pemenang Lomba Blog dan Artikel Jurnalistik Kementerian PPN / Bappenas RI Tahun 2022

Sahabat Edukasi yang berbahagia…  Alhamdulillah puji syukur kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat-Nya saya masuk di kategori Juara 3 pada ajang Lomba Blog dan Artikel Jurnalistik IDF 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) RI.

Pada awalnya, tepatnya pada tanggal 25 November 2022 saya membaca informasi langsung dari Instagram resmi Kementerian PPN / Bappenas RI yang mengumumkan bahwasannya ada lomba yang salah satu kriterianya dapat saya penuhi pada ketentuan khusus, yakni : peserta adalah individu yang tidak berprofesi sebagai jurnalis, memiliki blog yang telah aktif minimal 3 bulan, dan artikel minimal 500 kata, menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa utama. Selanjutnya untuk ketentuan umum lomba diantaranya : peserta adalah WNI, mengirimkan karya maksimal dua artikel dengan periode penerbitan/penayangan 21 November s.d. 21 Desember 2022, karya asli (bukan plagiasi) dan seterusnya.


Setelah saya rasa dapat memenuhi ketentuan lomba, selanjutnya saya menyimak pelaksanaan Acara Puncak Indonesia Development Forum (IDF) 2022 dengan tema “The 2045 Development Agenda: New Industrialization Paradigm for Indonesia’s Economic Transformation” diselenggarakan di Bali pada tanggal 21 November hingga 22 November 2022 melalui kanal Youtube Kementerian PPN / Bappenas RI. Acara Puncak Indonesia Development Forum (IDF) 2022 yang berlangsung selama dua hari ini dilaksanakan dengan format, untuk hari pertama “IDF Inside and Marketplace Sessions” dan hari kedua “Pemerintah Mendengar”. Pelaksanaan IDF dalam dua hari ini dirancang dalam 4 fase skema 4I yaitu : Inspire, Imagine, Innovate, and Initiate.

Setelah saya menyimak kegiatan yang sudah berlangsung tersebut, selanjutnya saya menuangkan dalam bentuk tulisan yang saya publikasikan melalui blog, saya hanya mampu mengirimkan satu artikel mengingat keterbatasan waktu saya.

Setelah browsing daftar pemenang lomba yang sudah pernah diadakan sebelumnya oleh Kementerian PPN / Bappenas RI, tepatnya di tahun 2019, informasi ini saya baca di https://www.bappenas.go.id yang mempublikasikan daftar Pemenang Lomba Nasional Artikel dan Vlog: “Harapanmu Untuk Ibu Kota Baru” tahun 2019 dengan uraian sebagai berikut:

Terima kasih atas antusiasme dan partisipasi Sahabat Pembangunan dalam Lomba Nasional Artikel dan Vlog: “Harapanmu untuk Ibu Kota Baru” untuk Tingkat Pelajar SLTA dan Mahasiswa. Hingga Selasa, 20 Agustus 2019 kami mencatat 1.311 peserta yang mendaftar, yaitu 843 artikel dan 468 vlog. Saat melakukan penilaian di hari Jumat, 23 Agustus 2019, Dewan Juri telah memutuskan enam orang pemenang, yaitu tiga orang pemenang kategori Artikel dan tiga orang pemenang kategori Vlog. Kami ucapkan selamat untuk para pemenang!

Juara Lomba Artikel Tahun 2019:

· Juara 1: Rilo Pambudi S : Kepulauan Riau, Universitas Maritim Raja Ali

· Juara 2: Lalu Teguh Jiwandanu : Lombok Tengah, NTB Universitas Mataram

· Juara 3: Lucky Caesar Direstiyani : Madiun, Jawa Timur, Pusan National University, South Korea

Juara Lomba Vlog Tahun 2019:

· Juara 1: Steeve Anddrew Junior Muntu : Manado, Sulawesi Utara, Universitas Sam Ratulangi    

· Juara 2: Albert Rivai Sinaga, Semarang, Jawa Tengah, Universitas Diponegoro

· Juara 3: Mega Mutia Maeskina, Bandung, Jawa Barat, Universitas BSI

Singkat cerita, pada hari Kamis, 5 Januari 2022, Alhamdulillah ternyata saya masuk di juara 3 untuk kategori Lomba Blog yang disampaikan bersama daftar pemenang lainnya termasuk untuk para juara pada kategori Lomba Artikel Jurnalistik. Berikut adalah nama-nama pemenang Lomba Blog & Artikel Jurnalistik Indonesia Development Forum 2022 “The 2045 Development Agenda New Industrialialization Paradigm for Indonesia’s Economic Transformation”:

Juara Lomba Blog Tahun  2022:

· Juara 1 : Mutia Ramadhani, Blogger. Indonesia Development Forum 2022 Dorong Transformasi Ekonomi Lewat Industri Digital dan Dirgantara.

· Juara 2 : Ratna Fadli, Karyawan Swasta. Kolaborasi, Kunci Ekosistem Dirgantara Indonesia “Terbang Lebih Tinggi”.

· Juara 3 : Dadang Juara Setyo Nugroho, Pegawai Negeri Sipil. Mencapai Visi Indonesia 2045.

Juara Lomba Artikel Jurnalistik Tahun 2022:

· Juara 1 : Andi Aan Pranata, IDN Times. EBT dan Transformasi Industri, Kunci RI Menuju Negara Maju 2045.

· Juara 2 : M. Resya Firmansyah. Berita DIY (Pikiran Rakyat). Ikhtiar Bappenas Wujudkan Mimpi Kejayaan Industri Dirgantara Melalui Kolaborasi.

· Juara 3 : Agus Triyono, CNN Indonesia. Indonesia, Middle Income Trap dan Analisis Profesor Harvard.


Demikian semoga dapat menginspirasi dan memotivasi kita semua agar selalu berkarya dan mengembangkan diri dalam hal-hal yang positif untuk kualitas hidup yang terus lebih baik. Semoga bermanfaat dan Salam Edukasi!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Daftar Pemenang Lomba Blog dan Artikel Jurnalistik Kementerian PPN / Bappenas RI Tahun 2022"

Post a Comment